Kamis, 29 Juli 2010

Baru Sebulan, Saluran Rusak

[ JAWA POS - Kamis, 29 Juli 2010 ]
Baru Sebulan, Saluran Rusak
GRESIK - Problem seputar realisasi proyek pembangunan infrastruktur bikinan pemkab seperti tak pernah ada habisnya. Yang terbaru, beberapa proyek garapan APBD 2010 mulai dipertanyakan. Gara-garanya, selain kualitasnya rendah, diduga ada permainan di balik realisasi proyek-proyek tersebut.

Salah satu proyek yang ditengarai bermasalah adalah proyek sistem saluran drainase ruas 112 di Jalan Arif Rahman Hakim. Pasalnya, belum lama proyek pembangunan saluran itu kelar ternyata sudah rusak.

Anggota dewan pun memeriksa proyek bidang cipta karya pemkab itu. Hasilnya, memang banyak ditemukan kejanggalan di balik realisasi proyek tersebut. ''Belum satu bulan selesai, proyek sudah rusak. Lihat saja kondisinya saat ini,'' kata anggota Komisi C Chumaidi Maun di lokasi kemarin (28/7).

Proyek saluran itu memang cukup parah. Tercatat, ada tiga ruas saluran yang ambrol gara-gara tidak bisa menahan air. Bahkan, beberapa dinding saluran rata dengan tanah.

Berdasar pengamatan sekilas, cor banguan tersebut lembek. Selain itu, konstruksi besi diduga tidak sesuai dengan spesifikasi. Padahal, proyek itu menghabiskan dana yang tak sedikit. Yakni, Rp 190 juta. ''Kami sudah pernah mengevaluasi proyek itu agar diawasi. Tapi, ternyata tidak. Lihat, hasilnya seperti itu,'' ujarnya. (ris/c4/ruk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar