Sabtu, 21 Agustus 2010

APBD 2009 Masih Sisakan Masalah

lash Player Required
[ Sabtu, 21 Agustus 2010 ]

GRESIK - Pansus (panitia khusus) hasil audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) yang dibentuk DPRD Gresik akhirnya menyelesaikan pengawasan terhadap evaluasi penggunaan APBD 2009 Gresik. Hasilnya, masih ada beberapa kasus kerugian negara yang berpotensi memunculkan masalah baru.

Tercatat, ada sebelas temuan realisasi anggaran yang berpotensi merugikan keuangan daerah yang tengah diproses. Sementara itu, 13 temuan kesalahan administrasi penggunaan anggaran juga direkomendasikan agar segera diselesaikan.

Itu merupakan hasil finalisasi yang dilakukan pansus (panitia khusus) hasil audit BPK DPRD Gresik dengan pemkab. ''Tinggal menuntaskan beberapa masalah yang masih menjadi perdebatan,'' kata Ketua Pansus Audit BPK DPRD Gresik Chumaidi Maun kemarin (20/8).

Dalam finalisasi tersebut, pansus mengundang semua dinas yang realisasi anggarannya disemprit BPK. Pansus meminta klarifikasi terhadap tindak lanjut tiap dinas dalam penyelesaian temuan itu.

Menurut Chumaidi, dari finalisasi tersebut, semua dinas mengaku sudah menindaklanjuti. ''Namun, memang belum semua terselesaikan. Terutama kasus-kasus lama. Kami sudah memberikan deadline kepada mereka untuk menyelesaikan,'' tegasnya.

Total temuan hasil pemeriksaan APBD Gresik 2004-2008 oleh BPK mencapai 103 kasus. Dari jumlah itu, BPK memberikan 175 rekomendasi. (c5/r

Tidak ada komentar:

Posting Komentar