Rabu, 27 Oktober 2010

2010-10-28 APBD 2010 Pemkab Terserap 75 %

Referensi Para Pencari Keadilan Hukum dan Bisnis

GRESIK - Penyerapan anggaran APBD 2010 Pemkab Gresik sebesar Rp1,06 triliun hingga akhir triwulan ke tiga memasuki triwulan ke empat sudah terserap 75 persen.

"Memasuki triwulan ke empat serap anggaran sudah mencapai 70 sampai 75 persen. Serap anggaran terbesar di pembangunan fisik," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Moch Nadjib, Rabu (27/10).

Ia meminta, dengan bupati baru seluruh satuan kerja perangkat daerah dijajaranya bisa meningkatkan kinerjanya. "Program seratus hari bupati tinggal 40 hari, satker harus seoptimal mungkin melaksanakan kegiatanya," tegasnya.

Dikatakanya, bupati dalam rapat kerja dan evaluasi APBD nanti akan meminta rencana kegiatan kedepan dan sekarang. "Dalam rapat kerja hari ini, bupati meminta kepada satker, menjelaskan serapan terkait kegiatan APBD 2010. Jadi nanti masing-masing satker melakukan pemaparan," katanya.

Sayangnya Nadjib mengaku tidak hafal berapa banyak serapan anggaran di masing-masing satker yang sudah berjalan sampai hari ini. "Yang paling penting masing-masing satker minimal mempertahankan kinerjanya, wajibnya meningkatkan prestasinya, mengawal program 100 hari bupati," tandasnya.
Sejumlah kepala satker pemkab Gresik mengaku serapan anggaranya 2010 rata-rata mencapai 50 persen keatas. Dinas Pekerjaan Umum sudah terserap 55 persen yang lebih banyak fisik

"Kita kan banyak melakukan kegiatan fisik. Sebenarnya sudah lebih, tetapi pembayaranya kalau proyek sudah tuntas sehingga yang tercatat baru 55 persen," terang Kepala Dinas PU, Tugas Husni Syarwanta, Selasa. Sementara Dinas Catatan Sipil kegiatan anggaranya sudah terserap sebanyak 76,78 persen, sedangkan untuk fisik 68,171. g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar